Pages

Sabtu, 13 Desember 2014

Analisa Kurikulum Bahasa Arab KTSP 2008



Analisis Kurikulum Bahasa Arab KTSP 2008
Rahmawati Lusiana Sari
20120550006
1.      Tujuan           :
·         Mengetahui  cara membaca huruf-huruf hijaiyah dengan benar.
·         Mengetahui bentuk tulisan huruf-huruf hijaiyah dengan benar.
·         Mengetahui cara menulis huruf-huruf hijaiyah dengan baik dan benar.
           Menurut saya tujuan yang terdapat dalam materi yang berjudul الحروف الهجائية   untuk kelas I semester 1 Madrasah Ibtidaiyah ini sudah tepat untuk pembelajaran bahasa Arab bagi peserta didik yang bersifat pemula. Tujuan ini sangat efektif bagi peserta didik yang baru menginjak jenjang sekolah dasar. Karena peserta didik berkisar umur 7 tahun yang mana mereka masih minim untuk mengetahui sesuatu yang baru mereka kenal. Guru memberikan materi tentang huruf hijaiyah dengan cara mengenalkan, mengajar dan menuntun peserta didik untuk mengucapkan huruf-huruf hijaiyah, menulis huruf-huruf hijaiyah dengan baik dan benar.
           Namun menurut saya dalam pembahasan di buku ini, tujuan yang pertama tidak sesuai dengan materi yang tertulis. Yakni “Mengetahui  cara membaca huruf-huruf hijaiyah dengan benar”. Akan tetapi yang tertulis di materi kurang sesuai dengan tujuan yang tertera. Lebih jelasnya akan saya tuliskan berdasarkan buku yang saya dapat :
           Dengar dan ikuti bacaan guru !
          ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ
ع غ ف ق ك ل م ن و ه ي                        
           Seharusnya dalam buku ini juga dituliskan huruf-huruf abjad di bawah huruf hijaiyah tersebut. Contohnya : ا  : alif , dan seterusnya. Tanpa tulisan abjad peserta didik akan merasa kesulitan dan cenderung susah untuk mengingatnya. Dengan cara dan tulisan seperti itu maka peserta didik akan lebih mudah untuk membaca huruf-huruf hijaiyah.

2.      Materi             : الحروف الهجائية    menurut saya sudah cocok dan tepat bagi peserta didik yang baru menginjak jenjang sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Bagi mereka yang mana adalah para pemula dalam mempelajari bahasa Arab sangat tepat jika diberi materi tentang huruf-huruf hijaiyah. Pengenalan huruf hijaiyah akan menambah pengetahuan tentang bahasa Arab. Dengan mempelajari huruf hijaiyah mereka akan mengetahui dasar-dasar bahasa Arab.

3.      Metode           : Metode yang digunakan oleh guru adalah metode ulang ucap. Seperti yang tertulis dalam buku tersebut yaitu “ guru membaca huruf-huruf hijaiyah di bawah ini dengan keras sambil menunjukkan bentuk hurufnya, dan meminta murid-murid untuk mengikuti”.

4.      Evaluasi          :  Penilaian dari buku  menggunakan penilaian tes. Beberapa tes yang digunakan seperti “belajar melengkapi”,  “belajar menulis”, “belajar mewarnai”. Menurut saya penilaian menggunakan tes ini sudah mencapai kompetensi dan tujuan yang diharapkan seperti ; siswa dapat membaca, siswa dapat menulis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar