Analisis Kurikulum Bahasa Arab KTSP 2008
Rahmawati
Lusiana Sari
20120550006
1.
Tujuan
:
·
Mengetahui cara membaca huruf-huruf hijaiyah dengan
benar.
·
Mengetahui
bentuk tulisan huruf-huruf hijaiyah dengan benar.
·
Mengetahui
cara menulis huruf-huruf hijaiyah dengan baik dan benar.
Menurut saya tujuan
yang terdapat dalam materi yang berjudul الحروف
الهجائية untuk
kelas I semester 1 Madrasah Ibtidaiyah ini sudah tepat untuk pembelajaran
bahasa Arab bagi peserta didik yang bersifat pemula. Tujuan ini sangat efektif
bagi peserta didik yang baru menginjak jenjang sekolah dasar. Karena peserta
didik berkisar umur 7 tahun yang mana mereka masih minim untuk mengetahui
sesuatu yang baru mereka kenal. Guru memberikan materi tentang huruf hijaiyah
dengan cara mengenalkan, mengajar dan menuntun peserta didik untuk mengucapkan
huruf-huruf hijaiyah, menulis huruf-huruf hijaiyah dengan baik dan benar.
Namun menurut saya
dalam pembahasan di buku ini, tujuan yang pertama tidak sesuai dengan materi
yang tertulis. Yakni “Mengetahui cara
membaca huruf-huruf hijaiyah dengan benar”. Akan tetapi yang tertulis di materi
kurang sesuai dengan tujuan yang tertera. Lebih jelasnya akan saya tuliskan
berdasarkan buku yang saya dapat :
Dengar dan ikuti bacaan guru !
ا
ب ت ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ
ع
غ ف ق ك ل م ن و ه ي
Seharusnya dalam
buku ini juga dituliskan huruf-huruf abjad di bawah huruf hijaiyah tersebut.
Contohnya : ا : alif , dan seterusnya.
Tanpa tulisan abjad peserta didik akan merasa kesulitan dan cenderung susah
untuk mengingatnya. Dengan cara dan tulisan seperti itu maka peserta didik akan
lebih mudah untuk membaca huruf-huruf hijaiyah.
2.
Materi : الحروف
الهجائية menurut
saya sudah cocok dan tepat bagi peserta didik yang baru menginjak jenjang
sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Bagi mereka yang mana adalah para pemula
dalam mempelajari bahasa Arab sangat tepat jika diberi materi tentang
huruf-huruf hijaiyah. Pengenalan huruf hijaiyah akan menambah pengetahuan
tentang bahasa Arab. Dengan mempelajari huruf hijaiyah mereka akan mengetahui
dasar-dasar bahasa Arab.
3.
Metode : Metode yang
digunakan oleh guru adalah metode ulang ucap. Seperti yang tertulis dalam buku
tersebut yaitu “ guru membaca huruf-huruf hijaiyah di bawah ini dengan keras
sambil menunjukkan bentuk hurufnya, dan meminta murid-murid untuk mengikuti”.
4.
Evaluasi
: Penilaian dari buku menggunakan penilaian tes. Beberapa tes yang
digunakan seperti “belajar melengkapi”,
“belajar menulis”, “belajar mewarnai”. Menurut saya penilaian
menggunakan tes ini sudah mencapai kompetensi dan tujuan yang diharapkan
seperti ; siswa dapat membaca, siswa dapat menulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar