Pages

Selasa, 16 Desember 2014

رَمَضَاَنُ شَهْرُالصَّوْمِ



رَمَضَاَنُ شَهْرُالصَّوْمِ
  _ يَنْتَظِرُالنَّاسُ رَمَضَانَ مِنْ عَامٍ الي عَامٍ , لاَنَّهُ شَهْرُ الصَّوْمِ وَ شَهْرُ العِبَادَةِ وَ شَهْرُالتَّرَاحِمِ. فِيْهِ لَيْلَةُ القَدْرِ , التي هي خَيْرٌ مَنْ اَلْفِ شَهْر , والتي نَزَلَ فِيْهاَ القُرْآنُ علي نَبِّيْنَا مُحَمَّدٍ . وَفِيْهِ مَوْقِعَةُ بَدْرٍ , وَهِيَ أَوَّلُ نَصْرٍمِنْ اللهِ للمُسْلِمِيْنَ.   
  الآبَاء يَشتَرُونَ المُكَسَّرَاتَ والأُمَّهَاتُ يُجَهِّزْنَ الأطْعِمَةَ وَالحَلوَي اللَّذِيْذَةَ . فِي سَاعَةِ الاِفْطَار , يَجْتَمِعُ أَفْرَادُ الاُسْرَاةِ جَمِيْعًا حَوْلَ المَائِدَةِ وَ بَعْدَ تَنَاوَلِ الطَّعَامِ وَالصَّلاَةِ يَسْتَرِحُوْنَ ثُمَّ يَذْهَبُوْنَ الي المَسْجِدِ لأَدَاءِ صَلاَةِ العِشَاءِ وَالتَّرَاوِيْحِ , وَتِلاَوَةِ القُرْآن . وَعِنْدَمَا يَحِيْنُ السَّحُوْرُيَتَنَاوَلُونَ مِن الطَّعَامِ مَا يُعِيْنُهُم علي صِيَامِ التِّالي ثُمَّ يُصَلُّونَ الفَجْرَ وَيَنَامُونَ قَلِيْلاً , وَيَسْتَيْقِظُونَ لِيَبْدَأُوا عَمَلَهُم فِي نَشَاطٍ . وَفِي الاَيَاَمِ الأَخِيْرَةِ مِنَ رَمَضَانَ , يَخْرُجُ الآباَءُ وَالأُمَّهَاتُ لِشِرَاءِ المَلاَبِسِ الجَدِيْدَةِ اِسْتِعْدَادًا لِعِيْدِالفِطرِ وَفِي اليَوْمِ الأَوَّلِ مِن شَوَل , يَسْتَيْقِظُ المُسْلِمُوْنَ مُبَكِّرِيْن , لأَدَاءِ زَكَاةِ الفِطْرِ . ثُمَّ صَلاَةِ العيْدِ جَمَاعَة ..   


Tarjamah :

orang-orang menunggu bulan ramadhan dari tahun ke tahun, karena bulan ramadhan adalah bulan ibadah dan bulan yang penuh rahmat.  Dalam bulan ramadhan terdapat lailatul qodr, yang mana lailatul qodr itu baik dari seribu bulan. Dan pada saat lailatul qodr tersebut Al-Qur’an turun pada nabi Muhammad saw. Di bulan ramadhan terjadi perang badr , dan perang itu kemenangan pertama dari Allah untuk kaum muslimin.

Bapak-bapak membeli kacang-kacangan dan ibu-ibu menyiapkan makanan dan manisan yang enak. Pada saat berbuka puasa, satu keluarga berkumpul semua di meja makan, setelah berbuka puasa dan sholat mereka beristirahat , kemudian mereka pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat isya, sholat tarawih dan membaca Al-Qur’an. Ketika waktu sahurmereka makan dengan makanan yang mana membantu mereka untuk berpuasa di hari selanjutnya, kemudian mereka sholat fajr dan mereka tidur sebentar. Mereka bangun untuk memulai pekerjaan mereka dalam kegiatan. Di hari akhir bulan ramadhan, bapak-bapak dan ibu-ibu membeli baju-baju baru untuk persiapan idul fitri. Pada tanggal 1 syawal orang-orang muslimin bangun pagi-pagi untuk menyiapkan zakat fitroh kemudian sholat fitri secara berjamaah.







Rahmawati lusiana sari
20120550006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar