RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
Madrasah Aliyah Terpadu Muwahiddun
Mata
Pelajaran :
Qowa’id (Nahwu)
Kelas/Semester :
XI / 1
Pertemuan
ke :
6 (enam)
Alokasi Waktu :
45 menit
1. Standar Kompetensi
Memiliki pemahaman dan penghayatan lebih
mendalam terhadap pelajaran qowa’id (nahwu)
2. Kompetensi Dasar
Menjelaskan dan menerangkan qowa’id tentang
“fi’il”
3. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pelajaran ini, siswa
diharapkan mampu untuk:
a.
Menjelaskan pengertian “fi’il”
b.
Menjelaskan syarat-syarat “fi’il”
c.
Menjelaskan macam-macam “fi’il”
4. Indikator
Pencapaian
a.
Mampu memahami pengertian “fi’il”
b.
Mampu menyebutkan syarat-syarat “fi’il”
c.
Mampu memahami dan menyebutkan macam-macam “fi’il”
5. Nilai Karakter yang
Dikembangkan
a. Kesadaran
b. Rasa ingin
tahu
c. Keaktifan
6. Materi Ajar/Materi
Pembelajaran
a. Pengertian
dan dasar “fi’il”
b. Syarat-syarat
“fi’il”
7. Metode : ceramah,
tanya jawab, diskusi
8. Kegiatan
Pembelajaran
a. Pendahuluan
(5 menit)
1.
Siswa mempersiapkan diri dan mengawali menjawab
salam dari guru.
2.
Siswa mengawali kegiatan pembelajaran dengan
membaca doa yang dipimpin oleh salah satu siswa.
3.
Siswa menjawab pertanyaan dari guru sebagai
upaya untuk membangkitkan motivasi seperti menanyakan kabar.
4.
Guru mengingatkan materi yang dipelajari
sebelumnya.
5.
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari
bersama.
b. Inti (35 menit)
1.
Guru menjelaskan materi kepada murid secara
umum dengan metode ceramah
2.
Guru mengajak murid untuk terlibat dalam
pembelajaran dengan aktif memberikan pertanyaan kepada siswa.
3.
Mendorong dan memotivasi siswa yang lain untuk
membantah, menambah, atau pun menyampaikan pendapat yang berbeda.
4.
Menampung semua jawaban yang ada dan dituliskan
oleh salah seorang siswa di papan tulis /white board
5.
Memberikan apresiasi pada setiap jawaban yang
disampaikan siswa
c. Penutup
( 5 menit)
1.
Siswa dan guru bersama-sama membuat kesimpulan
atas materi yang dipelajari bersama.
2.
Siswa mendapat tugas untuk membuat ringkasan
materi yang telah disampaikan.
3.
Siswa mendengarkan penyampaian guru
mengenai rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
4.
Siswa mengakhiri dengan menjawab salam dari
guru.
9. Penilaian Hasil Belajar
Teknik :
Non Tes
Bentuk :
Pengamatan
Contoh Instrumen :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
Dinilai
|
KET
|
||
Perhatian
|
Keaktifan
|
Tanggung
jawab
|
|||
1
|
Salman
|
||||
2
|
Abbas
|
||||
3
|
Dll
|
10. Sumber dan Media Belajar
Buku Nahwu “lamkhatun nadhar fii ghayatul
mukhtashor. Libayaani qowaid allughatul al’arabiyyatu”
Catatan materi, , bolpoin/spidol, LCD, slide
materi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar